Image Source: Pokémon-SunMoon

Pastinya para penggemar Pokémon yang sejati, sudah pernah mencoba memainkan Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon. Permainan ini merupakan seri kedua dari Generasi VII seri video game Pokémon.

Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon ini menawarkan pengalaman berbeda dibandingkan versi Sun dan Moon yang sebelumnya. Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon menawarkan fitur dan kisah yang lebih lengkap, dibandingkan dengan versi Sun dan Moon yang dirilis tepat satu tahun sebelum Ultra Sun dan Ultra Moon.

Image Source: Pokémon-SunMoon

Di Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon, pemain akan ditempatkan di region baru bernama Alola, yang terinspirasi dari tema Hawaii. Iklim di region Alola yang didominasi dengan nuansa tropis dan luasnya area pantai, menjadikan banyak monster Pokémon ikut beradaptasi dengan lingkungan baru. Misalnya, Vulpix yang di generasi sebelumnya memiliki tipe Fire, namun memiliki tipe Ice di versi ini.

Image Source: Bulbagarden

Monster yang sudah lama tidak muncul sejak Pokémon Generasi I, seperti Rattata dan Raichu, kembali muncul di versi Ultra Sun dan Ultra Moon ini. Kebanyakan dari mereka mengalami perubahan tipe, berat, dan tinggi, karena monster tersebut sudah beradaptasi dengan iklim di Alola. Misalnya, Rattata dengan tipe Normal, menjadi tipe Dark/Normal. Sementara itu, Raichu yang merupakan monster hasil evolusi dari Pikachu, berubah dari tipe Electric menjadi tipe Electric/Psychic.

 

Storyline Pokémon Ultra Sun & Ultra Moon

Image Source: Slashgear

Kisah dalam Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon juga dikembangkan lebih spesifik, bahkan bisa dibilang dua kali lipat lebih panjang dibandingkan versi Sun and Moon. Pemain akan dikenalkan dengan beberapa pulau besar di Alola, ditambah satu lagi bangunan yang berdiri di tengah-tengah lautan, bernama “Aether Paradise”.

Masing-masing pulau di Alola memiliki misinya tersendiri, namun misi utama dari Ultra Sun dan Ultra Moon terdapat di Aether Paradise. Saat sang pemain berhasil masuk ke dalam Aether Paradise, pemain akan bertemu dengan presiden dari Aether Foundation, bernama Lusamine. Aether Foundation sendiri memiliki misi untuk merehabilitasi para monster Pokémon yang tersebar di seluruh region Alola.

Namun, seiring pemain mengenal Lusamine lebih dalam, pemain mulai nantinya menemukan bahwa diam-diam Lusamine juga sedang memiliki misi rahasia untuk menciptakan wormhole untuk membawa monster-monster dari luar angkasa, dan kemudian menghancurkan ekosistem di Alola. Pemain harus menghentikan Lusamine dengan memanggil legendary Pokémon yang dibutuhkan.

Image Source: GameFAQs

Tetapi, saat pemain mencoba melawan Lusamine dengan legendary Pokémon, Lusamine juga berhasil memanggil legendary Pokémon generasi baru. Legendary Pokémon ini bukan berasal dari Sun atau Moon, namun merupakan legendary ketiga dari Star, bernama Necrozma. Lusamine akan menculik legendary Pokémon pemain, lalu akan menyatukan legendary Pokémon milik pemain dengan Necrozma, menjadi monster baru yang akan menelan Sun atau Moon, dan menciptakan kegelapan yang mengancam ekosistem Alola.

Bagaimana caranya kamu dapat mengalahkan Lusamine? Mengapa Lusamine berambisi untuk menciptakan wormhole dan menghancurkan ekosistem Alola? Bagaimana caranya kamu menyelamatkan Alola dari kehancuran dan mengalahkan Necrozma? Tentunya kamu harus mencari caranya sendiri.

 

Elemen Lain Yang Menambah Keseruan di Game Ini

Image Source: Gaming Age

Selain kisah dalam Ultra Sun dan Ultra Moon yang lebih kompleks, kamu juga akan menemukan fitur baru yang tidak pernah ditemukan dalam versi lainnya. Misalnya, jika pemain berhasil menemukan Mantine, pemain dapat naik dan terbang bersama Mantine untuk berselancar dan berpindah pulau, sekaligus menghindari penghalang (obstacle) saat berselancar. Mantine sendiri adalah monster berbentuk ikan pari yang terakhir ditemukan di Generasi II dari Pokémon, sementara Sun dan Moon merupakan pengembangan Generasi VII dari Pokémon.

Image Source: godisageek

Fitur lainnya yang tidak kalah seru adalah Totem Stickers. Terdapat total 100 stiker, dan seluruhnya tersebar di Alola. Saat kamu berhasil mengumpulkan stiker dalam jumlah tertentu, akan secara otomatis dapat ditukarkan dengan Totem Pokémon eksklusif. Jenis Totem Pokémon yang akan kamu dapatkan akan berbeda, tergantung dengan versi mana yang kamu mainkan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan hadiah melalui “Global Mission” yang bisa kamu mainkan di semua lokasi di Alola. Perubahan lainnya juga meliputi perubahan kualitas grafis, 5 Pokémon baru, dan pilihan kostum baru untuk karakter yang akan kamu mainkan di dalam game.

 

Seru bukan? Dengan banyaknya fitur unik dan sistem permainan yang berbeda, banyak penggemar Pokémon merekomendasikan Ultra Sun dan Ultra Moon untuk dimainkan, apalagi bagi mereka yang belum pernah mencoba Pokémon sebelumnya, atau bagi mereka yang sekedar baru pernah mencoba Pokémon Go.  Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon sudah dirilis sejak November 2017 yang lalu, dan bisa kamu mainkan di Nintendo 3DS.

 

Author: Kevin Sucianto

Edited by: Mia (ngomongin.id)