Image Source: Le Manhattan

Sidekick Kanye West saat mereka berdua magang di rumah mode Fendi. Membantu Kanye dalam beberapa proyek dan diangkat menjadi Artistic Director. Banyak berkolaborasi dengan brand ternama sehingga output itemnya menjadi the object of desire. Tahun ini ia masuk dalam Time Top 100 list of influential people. Ditunjuk menjadi Creative Director Louis Vuitton – kejutan apa lagi yang akan dihadirkan oleh lulusan civil engineering serta arsitek dari University of Wisconsin-Madison Illinois Institute of Technology ini?

Virgil adalah keajaiban atau bisa dikategorikan pencipta keajaiban itu sendiri. Bukan saja dia memiliki sentuhan Midas di tangan nya, semua kerja kerasnya kini membuahkan panen emas yang gilang-gemilang. Takashi Murakami menyebut Virgil sebagai pemuda yang pemalu saat ia pertama kami mengunjungi seniman Jepang itu 10 tahun yang lalu di Tokyo bersama Kanye West. Di tahun 2017, Virgil bertemu kembali Takashi di Museum of Contemporary Art Chicago sebelum pameran Murakami dibuka. Virgil berterus terang bahwa dia sangat terinspirasi oleh karya monogram aneka warna kolaborasi Murakami – Vuitton yang memang laris-manis di pasaran.

Virgil berada di butik Off-White, label high-end street wear yang ia dirikan. Image Source: Hype Magazine

Off-White dikategorikan sebagai high-end street wear dengan rancangan garis serta arah panah yang ikonik dan didirikan bapak dua anak ini di kota Milan, Italia pada tahun 2013. Setahun kemudian, koleksi perdana women’s wear dipresentasikan pada event bergengsi Paris Fashion Week. Laju brand ini seakan tak terhenti. Virgil seolah berada di jalur dan waktu yang tepat di saat dunia fashion saat ini juga merangkul street wear sebagai koleksi utama yang wearable dan tentu saja profitable! Itulah sebabnya di tahun 2017, Nike mengajak Virgil berkolaborasi untuk mereka-ulang koleksi sepatu retro mereka seperti Air Jordan, Air Presto, Air Max, Nike Blazer dan Air Vapor Max. Semua koleksi kolaborasi Nike dijual secara terbatas dan pembeli harus diundi untuk mendapatkan koleksi tersebut. Kini bukan saja koleksi sneaker tersebut menjadi the rarest collection item dan object of desire, harga nya menjadi sangat tidak masuk akal karena terus diburu para kolektor dan sangat langka! Yang segera dirilis tahun ini dan pasti menjadi incaran penggila sepatu adalah kolaborasi Off-White dengan Converse Chuck Taylor All Star.

Abloh is the King of high-end street wear.                 Image Source: Louis Vuitton – Twitter

Mungkin banyak perancang senior mencibir dan menjulukinya the lucky new kid on the block, tetapi Virgil yang menikahi kekasih SMA nya, Sharon terus menunjukkan prestasi. Adalah brand ternama Perancis, Louis Vuitton yang memberinya mandat duduk di kursi panas sebagai Creative Director. Sebelumnya kursi panas pimpinan kreatif LV hanya diduduki oleh Marc Jacobs dan Kim Jones yang notabene bule asal Amerika dan Inggris. Kini rumah mode sehistoris LV bahkan berani mempertaruhkan reputasi sekaligus mempercayai seorang minoritas kulit berwarna untuk jabatan bergengsi itu.

Saat di LV, Marc Jacobs mengejutkan dunia dengan kolaborasi monogram warna-warni bersama seniman nyentrik Jepang Takasihi Murakami. Sesudah itu saat Kim Jones menjadi bos kreatif, ia bekerja sama dengan brand Supreme yang juga menjadi best seller dan terus dicari penggemar fanatik LV. Pengamat mode sangat tidak sabar menanti kejutan apa lagi yang akan dipersembahkan Virgil lewat koleksi perdana untuk LV yang akan dirilis di musim gugur tahun ini. Bagaimana dengan Anda – sudah memasukkan rancangan Virgil sebagai the most wanted item untuk season berikutnya?

 

Author: David Kurniadi

*as a keen observer of life, David K can be reached via his Instagram account @davedave5

Edited by: Mia (ngomongin.id)

 

Di sela-sela kesibukannya Virgil juga melakoni profesi sebagai DJ.                                Image Source: Jared Siskin/Patrick McMullan via Getty Images