Image Source: guildwars2.com

MMORPG Asyik dengan Gameplay yang Unik

Guild Wars 2 memang bukanlah sebuah MMORPG baru. Game besutan ArenaNet ini diluncurkan kurang lebih enam tahun yang lalu, yakni di tahun 2012. Namun jangan salah, tidak seperti kebanyakan MMORPG yang hanya bisa bertahan setahun atau dua tahun, Guild Wars 2 mampu mempertahankan populasi pemainnya hingga di tahun 2018 ini dengan cukup baik.

Pada awal peluncurannya, Guild Wars 2 hanya bisa dimainkan setelah kita membeli game tersebut. Namun sejak peluncuran DLC Heart of Thorns di tahun 2015, ArenaNet memberlakukan sistem free to play. Artinya kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk memainkan MMORPG keren ini. Alhasil, populasi pemain Guild Wars 2 pun meningkat drastis dengan pemain yang ingin mencoba game ini secara cuma-cuma.

Sayangnya, sistem free to play ini hanya berlaku di basic version, artinya, jika kita ingin melanjutkan petualangan ke ekspansi Heart of Thorns, anda harus mengeluarkan sejumlah uang. Namun hal ini juga diimbangi dengan sejumlah fitur yang tentunya tidak anda dapatkan dengan memainkan game ini secara gratis. Beberapa fitur yang hadir di ekspansi Heart of Thorns antara lain:

  • Mastery System
    Anda bisa meningkatkan kemampuan karakter anda setelah mencapai level 80.
  • New Maps
    The Heart of Maguuma dan The Jungle yang di dalamnya terdapat sejumlah event baru, boss, dan tantangan seru lainnya.

 

Gameplay yang unik

Guild Wars 2 memiliki gameplay yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan MMORPG lainnya. Salah satu keunikan yang paling menonjol adalah caranya anda menghindar dari serangan musuh. Di MMORPG lainnya anda hanya mengandalkan status dodge yang dimiliki karakter anda supaya anda bisa menghindari serangan musuh. Sifat dodge di MMORPG pada umunya bersifat pasif.

Namun lain halnya dengan cara menghindari serangan di Guild Wars 2. Anda bisa menghindari serangan musuh secara manual seperti layaknya game-game hack ‘n slash. Anda mengendalikan karakter anda dengan tombol WASD. Tak hanya itu, anda juga bisa mengeluarkan jurus atau skill sembari menghindar. Hal ini menjadikan pertempuran di Guild Wars 2 terasa dinamis dan hidup.

Untuk mengimbangi dinamisnya pertempuran di Guild Wars 2, jumlah skill atau jurus yang bisa anda gunakan pun dibatasi menjadi 10 buah saja. Skill-skill yang anda gunakan bisa anda masukkan dalam slot skill yang terletak di bagian bawah layar.

Image Source: KasKus

 

Secara umum, slot skill yang bisa anda gunakan terbagi menjadi dua. Yang pertama slot skill senjata (di sebelah kiri indikator HP), dan yang kedua adalah slot skill utiliti. Inilah keunikan lainnya dari Guild Wars 2. Slot skill senjata akan berubah sesuai dengan tipe senjata yang digunakan.

Sebagai contoh, class guardian bisa menggunakan one handed sword di tangan kanan serta tameng di tangan kiri. Saat menggunakan dua senjata ini, skill yang bisa digunakan oleh guardian lebih bersifat defensif. Namun saat menggunakan two handed sword atau two handed mace, sang guardian menjadi lebih “galak” dengan skill-skill serangannya seperti “charge” yang membuatnya bisa merangsek ke arah musuh dengan cepat dan mengayunkan senjatanya dengan brutal.

 

Guild Wars 2 di tahun 2018

Umur sebuah game MMORPG biasanya terbilang pendek, yakni berada di kisaran dua hingga tiga tahun. Namun tidak demikian adanya dengan Guild Wars 2. Berkat keunikan yang dimilikinya, para penggemar setianya masih bertahan hingga enam tahun lamanya.

Meskipun anda baru saja bermain hari ini, anda masih akan menemui map-map level kecil masih ramai dengan sejumlah pemain. Bahkan pemain level tinggi pun kerap mengunjungi map level kecil dikarenakan ada sejumlah quest dan activity yang mengharuskan mereka mengunjungi map tempat anda memulai petualangan.

Anda tak perlu khawatir para pemain level tinggi itu akan mengganggu proses leveling anda seperti pada game-game MMORPG lainnya. Di Guild Wars 2, ada sebuah sistem yang membuat pemain dengan level tinggi akan diturunkan levelnya sesuai dengan level monster yang berada di map tersebut. Jadi, meski anda menemui pemain dengan armor dan senjata level tinggi, mereka tidak akan mungkin membunuh sebuah monster hanya dengan sekali pukul.

Tak berhenti sampai di situ saja, di Guild Wars 2 tidak ada yang namanya kill steal. Anda bisa tak perlu risau experience yang anda dapatkan akan berkurang atau tidak mendapatkannya sama sekali dikarenakan monster yang sedang anda buru tiba-tiba dibunuh oleh pemain lainnya. Meskipun tidak berada dalam satu party, masing-masing pemain yang berhasil mendaratkan pukulan pada monster yang sama akan mendapatkan jumlah experience yang sama.

Adilkah ini? Siapa yang perduli?! Yang jelas sistem  ini lebih fun dibandingkan dengan sistem hunting yang ada di game lainnya. Dampak dari adanya sistem ini yang menyebabkan semua pemain yang berada di dalam satu map tiba-tiba berkumpul di satu titik dikarenakan munculnya sebuah boss raid secara mendadak. Seru banget!

Buat kalian yang senang bersosialisasi di game online, kalian bisa bergabung dengan sejumlah guild yang mana pemain-pemainnya asli dari orang Indonesia. Berdasarkan pengamatan kami di sejumlah forum, guild-guild yang dibentuk oleh para pemain dari Indonesia masih aktif berkomunikasi di forum-forum tersebut hingga sekarang. Kalian bisa hubungi para petinggi guild yang nickname-nya tertera di forum tersebut untuk bergabung dengan guild yang kalian inginkan.

Guild Wars 2 bisa kalian mainkan secara gratis! Cukup kunjungi website resminya, daftarkan diri kalian, lalu tinggal download clientnya. Setelah itu kalian langsung bisa bermain MMORPG keren ini.